Jasa Pemasangan Pipa AC Chiller
Jasa Pemasangan Pipa AC Chiller

JASA PEMASANGAN PIPA AC CHILLER dan Pemompaan air adalah dasar dari desain HVAC. Tata letak, pemilihan dan ukuran yang benar dari sistem perpipaan dan komponen hidronik yang terkait diperlukan untuk memberikan air dingin dan panas yang tepat sebagaimana diperlukan untuk menjaga kondisi kenyamanan.

Jasa Pemasangan Pipa AC Chiller Water Piping System :

  1. Jasa Pasang Pipa AC Chiller Sistem Water Closed Loop Evaporator
  2. Jasa Pasang Pipa AC Chiller Sistem Water Open Loop Condenser
  3. Jasa Pasang Pipa AC Chiller Sistem Water Once Thru (Sekali Pakai)
  4. Jasa Pasang Pipa AC Chiller Chiller Sistem Distribusi 1 (satu) Pipa
  5. Jasa Pasang Pipa AC Chiller Sistem Distribusi 2 (dua)  Pipa
  6. Jasa Pasang Pipa AC Chiller Sistem Distribusi 3 (tiga) Pipa
  7. Jasa Pasang Pipa AC Chiller Sistem Distribusi 4 (empat) Pipa

Instalasi Koneksi perpipaan AC Chiller di berbagai peralatan tercakup, bersama dengan pengaturan perpipaan untuk sistem chiller air dan water cooling . Dasar-dasar pompa, ukuran pipa, dan pemilihan pompa.

Jasa Pemasangan Pipa AC Chiller System Closed Loop

Jasa Instalasi sistem perpipaan AC Chiller siklus tertutup atau Closed Loop Evaporator. adalah air terkandung dalam sistem perpipaan tertutup, atau loop, di mana ia bersirkulasi. Meskipun mungkin ada beberapa kontak nominal dengan udara tergantung pada jenis tangki yang digunakan.

Sistem ini dianggap tertutup untuk lingkungan. Biasanya, sistem loop tertutup diperlakukan secara kimia dalam maintenance AC Chiller untuk mengendalikan korosi, kerak, lendir, dan alga di dalam pipa.

Jasa Pemasangan Pipa AC Chiller Sistem Open Loop

Jasa Instalasi sistem perpipaan siklus terbuka atau open loop condenser. adalah air (water) berada dalam kontak konstan dengan udara dan oleh karena itu sistem terbuka ke atmosfer. Contoh khas dari sistem loop terbuka adalah sistem air kondensor resirkulasi dengan menara pendingin.

Di mana air diedarkan melalui menara pendingin (cooling tower), disemprotkan ke permukaan media menara, dikumpulkan ke dalam baskom menara, diedarkan melalui kondensor, dan kemudian dikirim kembali melalui menara pendingin.

Jasa Pemasangan Pipa AC Chiller Water Sistem Once Thru

Jasa Instalasi pemipaan sistem jenis once thru. Air melewati sistem sekali dan kemudian dibuang. Contoh sistem sekali pakai adalah chiller dengan air sungai disalurkan ke water cooled kondensator. Panas yang ditolak dari kondensor dimasukkan kembali ke sungai, yang tidak selalu dapat diterima dari perspektif lingkungan.

Jasa Pemasangan Pipa AC Chiller Sistem Distribusi 1-Pipa

Sistem Pemipaan AC Chiller distribusi air (Water) 1-pipa adalah sistem yang memiliki satu pipa utama yang berputar di sekitar bangunan dan kemudian kembali. Pipa suplai dan return utama. Ukurannya konstan di seluruh sistem

riser dengan menggunakan fitting aliran khusus yang digunakan pada sistem 1-pipa, kadang-kadang disebut sebagai fitting “monoflow”. Alat kelengkapan ini menciptakan penurunan tekanan di utama sama dengan atau lebih besar dari penurunan tekanan melalui riser, runout, unit terminal zona, dan pipa kembali.

Beberapa keuntungan dari sistem 1-pipa termasuk desain sederhana dari sistem yang membutuhkan satu ukuran pipa. Kesederhanaan desain ini menyebabkan instalasi mudah dan biaya instalasi rendah.

Sistem satu pipa tidak cocok untuk distribusi air dingin karena beberapa alasan. Kuantitas air yang digunakan dalam sistem air dingin biasanya jauh lebih tinggi daripada yang digunakan untuk pemanasan karena kumparan unit bekerja pada perbedaan suhu yang lebih kecil dalam mode pendinginan daripada dalam mode pemanasan.

Jasa Pemasangan Pipa AC Chiller Sistem Distribusi 2-Pipa

Sistem pemipaan Ac Chiller distribusi air 2-pipa digunakan dengan peralatan pemanas dan pendingin yang mengandung koil air. Ini juga berguna untuk FCU (Fan Coil Unit) dan AHU (Air Handling Unit) Air_handler penangan udara sentral yang menggunakan kombinasi air panas dan koil air dingin. Sistem 2-pipa dapat digunakan untuk mendistribusikan air panas atau dingin, atau bergantian di antara keduanya.

Beberapa unit koil kipas 2-pipa dilengkapi dengan panas listrik di samping kemampuan pemanasan dari koil air panas. Panas listrik (touch up) ini dapat digunakan jika pemanasan diperlukan untuk koil kipas tetapi sistem masih tidak berubah ke mode pemanasan.

Ada dua bentuk sistem distribusi air 2-pipa yang umum digunakan: Direct Return atau pengembalian langsung 2-pipa dan Reverse Return atau  pengembalian-balik 2-pipa. Dalam sistem 2-pipa, pipa pasokan dan pengembalian adalah pipa yang terpisah dan air yang meninggalkan pipa pasokan masuk ke pipa induk. Saat air meninggalkan

Jasa Pemasangan Pipa AC Chiller Sistem Distribusi 3-Pipa

Pemipaan AC Chiller sistem distribusi air tiga pipa memiliki dua suplai utama yang mengaliri setiap terminal zona, satu untuk air dingin dan satu untuk air panas, dan main return yang sama. Pasokan air dingin dan saluran suplai air panas berukuran sesuai dengan standar normal dan pengembaliannya diukur untuk menangani laju aliran maksimum yaitu laju aliran pendingin.

Seperti halnya sistem 2-pipa, main return dapat berupa return langsung atau konfigurasi balik balik.Karena dua suplai utama ke masing-masing terminal zona, selalu ada air panas dan dingin yang ada di pintu masuk ke koil zona yang siap digunakan saat dibutuhkan. Ini memberikan setiap koil kipas atau penangan udara yang disediakan oleh sistem distribusi air 3-pipa kemampuan untuk memanaskan atau mendinginkan setiap saat.

Biaya pengoperasian sistem ini dapat menjadi sangat tinggi karena pencampuran air pengembalian panas dan dingin. Penting untuk terbiasa dengan sistem 3-pipa karena mereka telah dipasang di bangunan yang sudah ada dan masih digunakan.

Jasa Pemasangan Pipa AC Chiller Sistem Distribusi 4-Pipa

Sistem distribusi air 4-pipa sebenarnya adalah dua, sistem 2-pipa secara paralel; masing-masing sistem terdiri dari pasokan dan pengembalian utama sendiri. Satu sistem selalu mendistribusikan air dingin ke unit dan mengembalikannya ke chiller. Yang lain mendistribusikan air panas ke unit dan mengembalikan air ke boiler.

Sistem distribusi empat-pipa sebenarnya adalah dua sistem 2-pipa secara paralel. Sistem ini menawarkan air panas dan dingin ke semua zona secara bersamaan, memungkinkan sistem untuk memenuhi beban pendinginan dan pemanasan kapan pun dan di mana pun mereka terjadi.. Metode desain, katup, dan kontrol mirip dengan sistem 2-pipa dan 3-pipa.

Jasa Pemasangan Pipa AC Chiller Sistem Direct Return

Sistem pengembalian langsung memungkinkan perpipaan untuk dijalankan di jalur paling langsung untuk mengoptimalkan biaya perpipaan. Kerugiannya adalah bahwa aliran pada setiap unit koil kipas atau penangan udara biasanya perlu diseimbangkan menggunakan katup penyeimbang. Itu

panjang sirkuit air (water) melalui pasokan dan pipa kembali ke setiap AHU (Air Handling Unit) berbeda dalam pipa balik langsung. Kumparan kipas yang dekat dengan pompa menerima laju aliran yang lebih besar daripada yang lebih jauh kecuali jika penyeimbangan tercapai.

Jasa Pemasangan Pipa AC Chiller Sistem Reverse Return

Sistem pengembalian balik disalurkan sehingga panjang sirkuit air melalui suplai dan pengembalian perpipaan ke setiap AHU (Air Handing Unit) pada dasarnya sama. Oleh karena itu, penurunan tekanan pada dasarnya sama.

Reverse return memiliki panjang dan biaya pipa yang lebih besar. Namun, biaya penambahan katup penyeimbang untuk setiap koil kipas AHU menggunakan sistem pengembalian langsung dapat mengimbangi biaya tambahan dari perpipaan Reverse Return  yang ditambahkan.