Jasa Pemasangan Insulasi Pipa AC Chiller & AHU
Jasa Pemasangan Insulasi Pipa AC Chiller & AHU

JASA PEMASANGAN INSULASI PIPA AC CHILLER mengisolasi sistem perpipaan air dingin water cooling menggunakan isolasi pipa serat Mineral Fiber, Fiber Glass mineral wool, Flexible PU Foam, Lapisan Luar alumunium / Galvalum dan Sistem Jacket Retarder Uap

Jasa Pemasangan Insulasi Pipa Ac Chiller Material Isolasi

  1. Jasa Instalasi isolasi pipa water cooling ac chiller AHU material isolasi Mineral Fiber
  2. Jasa Instalasi Isolasi Pipa Air Dingin AC Chiller AHU material Insulasi Fiber Glass
  3. Jasa Instalasi Jacketing Pemipaan AC Chiller AHU material Isolasi Mineral Wool
  4. Jasa Instalasi Jacketing Pipa AC Chiller AHU Material Isolasi PU Foam
  5. Jasa Jacketing Pipa AC Chiller AHU, Lapisan Insulasi Luar Material Galvalum dan Alumunium
  6. Jasa Instalasi Jacketing Pipa AC Chiller sistem Retarder Uap

Rekomendasi sistem isolasi perpipaan ini dimaksudkan untuk digunakan pada sistem perpipaan air dingin atau ac chiller yang beroperasi 0,5°C s/d 15,6°C pada bangunan komersial dan institusional. Sistem isolasi pipa serat mineral akan secara efektif mengontrol kondensasi, membantu memaksimalkan efisiensi sistem pendingin dan menghemat energi.

Jasa Pemasangan Insulasi Pipa AC Chiller – Material Isolasi

  • Instalasi Isolasi Pipa – Mineral fiber

Insulasi pipa serat mineral terdiri dari serat kaca atau wol mineral (serat batu atau terak)  yang dibuat agar sesuai dengan pipa dan ukuran tabung standar. Insulasi pipa serat mineral dapat dibentuk atau presisi berlekuk (V) dengan satu atau lebih dinding insulasi terbagi secara longitudinal untuk memudahkan pemasangan pada pipa.

  • Instalasi Isolasi Pipa – Fiber Glass Isolasi

Insulasi pipa serat gelas dibuat dari serat gelas yang diikat dengan resin termoseting dan dibentuk menjadi bagian-bagian utuh dengan panjang standard. Bagian pipa ini dibuka, ditempatkan di atas pipa, ditutup dan diamankan dengan pabrikasi yang diterapkan atau sistem jacketing retarder yang dipasang pada water piping ac chiller.

Jasa Pemasangan Insulasi Pipa AC Chiller – Material Isolasi

  • Instalasi Isolasi Pipa – Mineral Rockwool

Isolasi pipa rock wool mineral dibuat menjadi bagian yang sudah jadi, satu atau beberapa bagian. Bagian isolasi pipa wool mineral memiliki panjang standard. Bagian tersebut diterapkan dengan menempatkan bagian satu atau beberapa bagian di atas pipa dan ditutup dengan sistem jaket pelapis uap yang dipasang pada perpipaan air ac chiller.

  • Instalasi Isolasi Pipa – PU Foam

Isolasi pipa dengan bahan Foam PU (Polyurethane) untuk pipa refrigerant atau pun pemipaan water cooling pada AC Chiller dan AHU (Air Handling Unit). Isolasi Foam PU memiliki ukuran panjang yang standard dan mengunakan ketebalan insulasi sesuai spesifikasi yang dibutuhkan.

  • Instalasi Isolasi Pipa – lapisan Galvalum & Alumunium

Isolasi pipa bagian terluar dilapisi dengan lapisan berbahan logam Galvalum atau Alumunium,ukuran Insulasi logam galvalum atau almunium dapat dipabrikasi berdasarkan spesifikasi ukuran diameter ketebalan insulasi pada pemipaan water cooling AC Chiller dan AHU

Jasa Pemasangan Insulasi Pipa AC Chiller Sistem Jacketing

Sistem Pemasangan Jacketing Pipa ac chiller adalah komposit laminasi fleksibel dari beberapa lapisan yang biasanya terdiri dari foil, kertas, film dan material isolasi yang memenuhi persyaratan yang tercantum dalam ASTM C547 untuk isolasi pipa serat mineral yang digunakan pada sistem perpipaan suhu rendah.

Melindungi dan mengamankan insulasi ke pipa. Insulasi pipa umumnya dilengkapi dengan jaket alumunium yang dipabrikasi lengkap dengan sistem penutupan tertutup yang menyediakan pengamanan mekanis dan penyegelan uap.melengkapi sistem selubung untuk menutup sambungan antar bagian isolasi pipa.

Jasa Pemasangan Insulasi Pipa AC Chiller Standar Insulasi

Standar untuk isolasi pipa mineral fiber dengan persyaratan kualitas yang diterima industri. Kepatuhan terhadap Standar membantu memastikan kinerja jangka panjang dan keandalan sistem. Standar ASTM berikut ini relevan untuk sistem isolasi mineral fiber yang tercakup dalam panduan ini.

  1. ASTM C547 Spesifikasi Standard untuk Insulasi Pipa Mineral Fiber
  2. ASTM C585 Spesifikasi Standar untuk Dalam dan Luar. Diameter Isolasi Termal Rigid untuk Ukuran Nominal Pipa dan Tubing
  3. ASTM C921 Spesifikasi Standar untuk Menentukan Sifat Bahan Jacketing untuk Isolasi Termal
  4. ASTM C1136 Retarder Uap Fleksibel dan Permeansi Rendah untuk Isolasi Termal

Jasa Pemasangan Insulasi Pipa AC Chiller – Uji Isolasi Pipa

Pengujian dilakukan pada konduktivitas termal insulasi pipa serat mineral diukur dari waktu ke waktu pada perpipaan yang beroperasi pada suhu sekitar. Tes dilakukan dengan kriteria sebagai berikut:

  1. Temperatur pipa pada sistem HVAC water cooling adalah tipikal yang digunakan dalam konstruksi komersial.
  2. Kondisi lingkungan untuk suhu dan kelembaban diatur sesuai dengan kondisi yang biasanya ditemukan di dalam ruangan gedung komersial yang dikondisikan.
  3. Tes dilakukan selama periode waktu yang terus menerus dan berkelanjutan.
  4. Konduktivitas termal insulasi pipa dimonitor selama pengujian.

Hasil pengujian harus menunjukkan bahwa konduktivitas termal dari isolasi pipa serat mineral yang dipasang dengan sistem jaketing tetap konstan selama durasi pengujian. Tidak ada tanda-tanda kondensasi pada permukaan jaketing dan tidak ada tanda-tanda peningkatan kelembaban seperti yang ditunjukkan oleh konduktivitas termal.

Jasa Pemasangan Insulasi Pipa AC Chiller Fungsi Isolasi Pipa

  1. Instalasi Isolasi Pipa Menghemat energi dan membantu mengurangi biaya pengoperasian gedung
  2. Instalasi Isolasi Pipa untuk Kontrol kondensasi
  3. Instalasi Isolasi Pipa Stabilkan kinerja dan kontrol proses
  4. Instalasi Isolasi Pipa Melindungi personel dengan mengurangi suhu permukaan
  5. Instalasi Isolasi Pipa Mengurangi emisi
  6. Instalasi Isolasi Pipa Mengurangi kebisingan

Insulasi Pipa untuk Sistem Air Dingin (0,5 ° C hingga 15,6 ° C). Insulasi pipa untuk sistem water cooling ditentukan dan dipasang terutama untuk kontrol proses, kontrol kondensasi dan konservasi energi. Mengisolasi sistem air dingin memerlukan perhatian khusus.

Jasa Pemasangan Insulasi Pipa AC Chiller Sistem Water Cooling

Ketika perpipaan dan peralatan beroperasi pada suhu yang lebih rendah dari udara sekitar, kelembaban di udara dapat mengembun pada permukaan dingin, atau ketika diisolasi secara tidak benar, pada atau di dalam sistem isolasi.

Sistem pipa harus dilindungi oleh sistem Insulasi dengan ketebalan isolasi yang cukup, retarder uap yang memadai, dan dipasang dengan benar agar sistem dapat bekerja.Jika tidak, sistem isolasi dapat menjadi basah, yang dapat menyebabkan sejumlah masalah seperti

  • Degradasi masa kerja dan kinerja sistem isolasi,
  • Korosi pipa, katup, dan perlengkapan yang terkandung dalam sistem isolasi
  • Potensi pertumbuhan jamur dan terkait air

Jasa Pemasangan Insulasi Pipa AC Chiller Ukuran Standar

Insulasi pipa serat mineral diproduksi agar sesuai dengan berbagai ukuran pipa dan tabung standar. Ukuran Pipa Besi Standar: 0,5 “hingga 24″ (15mm hingga 610mm) ukuran pipa nominal. Ukuran Tabung Tembaga Standar: dari 3/8 ” hingga 6″ (9.5mm hingga 150mm)

  • Ketebalan Dinding Isolasi Pipa

Insulasi pipa serat fiber hadir dalam standar, ketebalan satu lapis dari 0,5 “hingga 6” (15mm hingga 150mm) dengan peningkatan 0,5 “(15mm). Persyaratan untuk bahan dinding yang lebih tebal dapat dicapai dengan menggunakan beberapa lapisan insulasi.

  • Ketebalan Isolasi Minimum Pipa

Persyaratan ASHRAE Standar 90.1  dan Kode Konservasi Energi Internasional (IECC) untuk ketebalan insulasi pipa dimaksudkan untuk berfungsi sebagai standard minimum untuk efisiensi energi pada bangunan komersial.

Jasa Pemasangan Insulasi Pipa AC Chiller

Dalam beberapa kasus, peningkatan ketebalan untuk efisiensi energi yang lebih besar dapat dibenarkan. Ketebalan insulasi pipa minimum ini sebagaimana tercantum dalam ASHRAE 90.1 tidak dimaksudkan untuk mencegah kondensasi atau untuk mencapai konservasi energi yang lebih besar.

Untuk menentukan ketebalan isolasi yang tepat untuk kontrol kondensasi atau konservasi energi, dan menentukan ketebalan isolasi yang tepat untuk kontrol kondensasi, gunakan kriteria desain (suhu dan kelembaban) yang mewakili skenario terburuk untuk kondisi. 

Agar sistem insulasi bekerja secara efektif, fiting harus diinsulasi setidaknya untuk kinerja termal yang sama dengan insulasi pipa yang diterapkan pada bagian pipa lurus. Insulasi pipa harus kontinyu melalui penyangga gantungan. Untuk mencegah kerusakan pada insulasi, sisipan kaku dan pelana logam harus dipasang pada penyangga gantungan.