Jasa Instalasi AC di Bandung
Jasa Instalasi AC di Bandung

Jasa instalasi AC di Bandung Pemasangan unit indoor dan outdoor , Instalasi Pemipaan, Instalasi Kelistrikan AC, Uji Tekanan, Vacuum Unit, Pengisian Freon dan Test Commissioning unit Air Conditioning.

Jasa Instalasi AC di Bandung – AC Rumah Kantor Gedung Pabrik

  1. Jasa Pemasangan AC Split di Bandung (Rumah – Kantor –Cafe, Sekolah – Kampus – Apartement)
  2. Jasa Pemasangan AC Cassette di Bandung (Rumah – Kantor –Cafe, Sekolah – Kampus – Apartement)
  3. Jasa Pemasangan AC Standing Floor di Bandung (Rumah – Kantor –Cafe, Sekolah – Kampus – Apartement)
  4. Jasa Pemasangan AC Split Duct di Bandung (Rumah – Kantor – Sekolah – Kampus – Apartement – Hotel – Mall –  Pabrik)
  5. Instalasi AC FCU di Bandung (Gedung Kantor –Mall – Sekolah – Kampus – Apartement – Hotel – Pabrik)
  6. Instalasi AC AHU di Bandung (Gedung Mall, Hotel – Pabrik Farmasi – Rumah Sakit )
  7. Instalasi AC Presisi di Bandung (Data Center Telekomunikasi, Bank, Laboratorium)
  8. Instalasi AC Chiller di Bandung (Gedung Mall, Hotel – Pabrik – Farmasi – Rumah Sakit )

Jasa Instalasi AC di Bandung – Instalasi Pipa Freon

Instalasi pipa freon pada unit ac menghubungkan compressor, condenser, valve expansion dan evaporator. Sehingga dapat diperoleh siklus refrigerasi. Pipa Refrigerant atau pipa Freon terdiri dari empat bagian

  1. Pipa gas hisap (Suction)  bagian Low Pressure dari pipa keluaran evaporator ke kompresor
  2. Pipa Gas Buang ( Discharge) sisi high pressure dari pipa out compressor ke condenser
  3. Pipa cairan; Liquid bagian tekanan tinggi dari out kondensor ke expansion valve
  4. Pipa gas jenuh bagian tekanan rendah dari out valve expansion ke Evaporator

Sistem perpipaan refrigerant dirancang dan dipasang sesuai dengan kondisi freon yang ada didalamnya dalam bentuk gas dan liquid, besarnya tekanan rendah dan tinggi dan jenis refrigerant yang digunakan pada Air Conditioning.

Jasa Instalasi AC di Bandung – Syarat Pipa Freon

Material pipa yang di gunakan pada sistem perpipaan pada mesin air conditioner Type  Ac Split – Ac Cassette – Ac Standing Floor – Ac Split Duct – Ac Fcu (Fan Coil Unit) – Ac Ahu (Air Handling Unit– ac-presisi – Ac Chiller.  Pipa refrigerant harus memiliki persyaratan tersebut di bawah ini  

  1. Pipa tidak boleh rusak oleh bahan pendingin atau freon atau minyak pelumas, melalui proses pisik ataupun kimia
  2. Pipa yang paling cocok dengan refrigeran dan minyak pelumas adalah pipa logam tembaga
  3. Jika hendak dipakai pipa flexible pilihlah yang tahan tekanan tinggi dan tahan panas
  4. Pakailah sambungan pipa yang compatible dengan pipa yang di instalasi
  5. Ukuran diameter pipa dan ketebalan pipa harus disesuaikan dengan spesifikasi dan kapasitas unit AC (air conditioning)  yang di instalasi.

 Jasa Instalasi AC di Bandung – Cara Instalasi Pipa Freon

Pipa refrigerant yang di instalasi pada unit pendingin udara sangat menentukan keselamatan operasional, efesiensi serta fungsi instalasi siklus freon. Oleh karena itu harus diperhatikan beberapa hal berikut ini :

  1. Peralatan dan pemasangan pipa haruslah rapat gas (gas tight) dan tahanan tinggi
  2. Bahan yang digunakan hendaklah dipilih sesuia dengan kegunaanya jesis refrigerant atau temprature kerja.
  3. Kecepatan gas refrigerant tidak boleh terlalu tinggi. Pipa suction horisontal (3,5m/s) pipa riser; naik (6m/s). Pipa Discharge (20 m/s) atau lebih rendah
  4. Agar instalasi pipa ac dapat bekerja dengan baik dalam segala keadaan operasional siklus refrigerasi maka peraturan standard instalasi ac harus dipenuhi.
  5. Panjang pipa yang menghubungkan peralatan diusahakan sependek-pendeknya.
  6. Usahakan jumlah elbow yang dipakai tidak banyak dan dengan diameter elbow yang besar, sehingga kerugian gesekan dapat diminimalisir.
  7. Stop valve biasanya memberikan kerugian tekanan yang lebih besar dari pada yang dapt terjadi. Kerana aliran dalam pipa kemungkinan kebocoran gas. Hendaknya jumlah katub diminimalkan

Jasa Instalasi AC di Bandung – Metode Instalasi Pipa Freon

Pemasangan Air Conditioning Type  Ac Split – Ac Cassette – Ac Standing Floor – Ac Split Duct – Ac Fcu (Fan Coil Unit) – Ac Ahu (Air Handling Unit)  | Ac Precision – Ac Chiller. metode Instalasi Perpipaan AC :

  1. Jumlah sambungan pipa yang menyebabkan kebocoran harus diminimalkan, instalasi pipa harus benar-benar rapat gas, tidak boleh terjadi kebocoran
  2. Hendakny dapat dihindari terjadinya variasi tempratur sepanjang pipa instalasi terutama pada pipa suction dan liquid.
  3. Semua pipa horizontal harus sedikit dimiringkan ke bawah kira-kira 1/250 supaya refrigerant yang ada di dalamnya dapat mengalir dengan baik.
  4. Jumlah pipa trap penangkap (pipa U) atau pipa buntu (blidpipe) di mana minyak pelumas dapat berhenti harsu diusahakan minimal.
  5. Untuk mencegah oli pelumas mengalir kembali ke compressor dalam jumlah banyak, pada waktu kompresor running, hendaknya dipasang trap pada bagian yang lebih rendah dari pada pipa naik.

Jasa Instalasi AC di Bandung – Standard Instalasi Pipa Freon

  1. Usaha mengkompensasi kontraksi ataupun expansi pipa yang taerjadi karena perubahan tempratur harus diadakan dengan cara penumpuan atau bending pipa yang sesuai.
  2. Mencegah terjadinya getaran dan untuk menetapkan pipa pada tempatnya dengan kokoh maka support dan hanger harus di pasang pada jarak yang tepat
  3. Bagia pipa instalasi yang diperkirakan mudah atau cepat rusak hendaknya diberi pelindung. Pipa dapat dipasang sekurang-kurangnya 2 meter di atas lantai atau di tanam di permukaan tanah dengan pelindung yang baik.
  4. Persyaratan teknik yang diminta dan yang telah ditetapkan dalam peraturan standar harus dipenuhi.
  5. Sambungan pipa pada ac (air conditioner) dapat mengunakan sambungan doble valve , sambungan solder atau pengelasan pipa tembaga yang digunakan pada pipa instalasi

 Jasa Instalasi AC di Bandung – Uji Kebocoran & Vakum

  • Pengujian kebocoran instalasi pipa dengan gas nitrogen N2 untuk memeriksa apakah seluruh sistem instalasi pemasangan pipa bebas dari kebocoran. Pengujian dilakukan dengan tekanan 100-400 Psi gas nitrogen. Tes pressure minimal (1x 24 jam)
  • Setelah pengujian kebocoran dilakukan pada sistem pipa instalasi. Selanjutnya pipa refrigerant dikeringkan dengan mesin vakum untuk menghilangkan dan membersihkan sistem perpipan dari udara dan air.
  • Uji kevakuman setelah proses pengeringan vakum sistem pipa refrigerant di biarkan dalam kondisi vakum standard 29,9 in/hg pada manifold gauge. Penurunan derajat kevakuman adalah 5 mm/hg.

 Jasa Instalasi AC di Bandung – Isi Freon AC

  • Setelah pengujian kebocoran dan proses vakum pada instalasi pipa AC selesai dilakukan selanjutnya, sistem ac diisi bahan pendingin refrigerant sesuai dengan type dan jumlah refrigerant yang ditetapkan.
  • Pemeriksaan terhadap kebocoran freon setelah pengisian freon dilakukan dengan menggunakan pendeteksi kebocoran gas. Setelah pemasangan dan sbaiknya pemeriksaan terhadap kebocoran gas freon dilakukan secara periodik maintenance ac.